Piknik Ala Orang Betawi

Written By bopuluh on Kamis, 22 November 2012 | 19.15

Anda ingin melakukan rekreasi yang bernuansa budaya? Di Srengseng Sawah, Jagakarsa, ada sebuah pusat perkampungan budaya Betawi bernama Kampung Betawi Setu Babakan. Di tempat ini, terdapat danau kecil yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Pemandangannya sungguh menyegarkan pikiran dan menyejukkan suasana hati.

Sebelum ditetapkan oleh pemerintah sebagai tempat pelestarian dan pengembangan warisan budaya asli Betawi, awalnya Setu Babakan merupakan danau buatan seluas 32 hektar yang dibangun pemerintah kolonial untuk menanggulangi masalah banjir di Jakarta.

Sebelum bertemu dengan danau, Anda akan melewati gerbang masuk Bang Pitung kemudian rumah-rumah khas Betawi yang terletak di samping kiri dan kanan jalan. Yang menjadi ciri khas rumah Betawi adalah teras yang berfungsi sebagai ruang keluarga di bagian depan rumah dan hiasan yang mengelilingi langit-langit rumah. Setelah itu, Anda akan melewati sebuah panggung pertunjukan yang menampilkan berbagai hiburan ala Betawi, seperti lenong, ondel-ondel, gambang kromong, musik tanjidor dan masih banyak lagi.

Setibanya di danau, Anda dan keluarga juga kerabat bisa duduk bersantai atau berpiknik sambil memandangi keindahan danau. Selain itu, Anda juga bisa mengelilingi danau dengan menaiki perahu kayuh berbentuk bebek lucu.

Saat haus melanda, Anda dapat mencicipi aneka jajanan yang murah meriah. Beberapa di antaranya adalah es lilin, es dawet, es duren dan lain-lain. Anda pun tak perlu repot membawa bekal makanan, karena tersedia tempat makan yang menyajikan aneka ragam hidangan tradisional khas Betawi seperti kerak telor, laksa, toge goreng dan bir pletok.

Bila Anda ingin membeli oleh-oleh, Setu Babakan memiliki makanan andalan, yaitu dodol Betawi. Adonannya dibuat sendiri oleh warga Betawi asli dengan menggunakan resep andalan yang telah diwariskan secara turun temurun. Aroma dan rasanya yang legit dijamin akan menggoda selera Anda. Maka tak heran bila dodol Betawi ini sangat populer.

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi Setu Babakan dan rasakan pengalaman rekreasi ala orang Betawi. Enjoy Jakarta! (Adv)


Anda sedang membaca artikel tentang

Piknik Ala Orang Betawi

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2012/11/piknik-ala-orang-betawi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Piknik Ala Orang Betawi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Piknik Ala Orang Betawi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger