Soal UAS di Jombang Pun Lecehkan Gus Dur

Written By bopuluh on Rabu, 12 Desember 2012 | 19.16

JOMBANG, KOMPAS.com - Soal ujian akhir semeseter untuk siswa Madrasah Aliyah yang dianggap melecehkan mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga ditemukan di Jombang, Jawa Timur. Soal itu diujikan pada Rabu (12/12/2012) kemarin.   

Hal itu ditemukan Latif Malik, guru MA Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. "Memang ada lima pilihan jawaban, tapi semuanya mendiskreditkan Gus Dur karena semuanya kasus korupsi. Jadi apapun jawabannya, Gus Dur tetap dilecehkan," kata Latif Malik, Kamis (13/12/2012).   

Pada soal butir 40 mata pelajaran Sejarah untuk kelas XII IPA dan IPS yang dibuat Badan Kerjasama Madrasah Swasta (BKMS) itu, tertulis pertanyaan, "Pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid, tidak berjalan lama kurang dari satu tahun, karena kasus: a. Bapindo; b. BLBI; c. Korupsi Anggaran; d. Buloggate dan: e. Singapuragate."    

Latif yang juga pengurus PC GP Ansor Jombang ini menengarai, pembuat soal sengaja mendiskreditkan panutan warga NU dan berupaya memutarbalikkan sejarah.    

Oleh karena itu, pihaknya meminta Kantor Kementerian Agama Jombang mengusut tuntas pembuat soal tersebut. "Ini juga pelecehan terhadap Gus Dur sebagai guru bangsa," cetusnya.   

Ketua Dewan Pendidikan Jombang, Junaidi Hidayat, menyatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari guru Madrasah Aliyah Tebuireng terkait soal yang dinilai sangat tak pantas tersebut.    

"Kelihatannnya, ada upaya mengulang kasus seperti Sutan Bhatoegana kemarin, agar warga NU bergejolak," ujarnya. Karena itu DP, lanjut Junaidi, meminta pihak-pihak terkait mengusut tuntas pembuat soal.    

"Mudah untuk mengungkap siapa dalang pembuat soal yang sangat melukai hati warga nahdliyin ini, jangan sampai warga NU kembali bergejolak," ujarnya.

Sumber :

Surya

Anda sedang membaca artikel tentang

Soal UAS di Jombang Pun Lecehkan Gus Dur

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2012/12/soal-uas-di-jombang-pun-lecehkan-gus-dur.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Soal UAS di Jombang Pun Lecehkan Gus Dur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Soal UAS di Jombang Pun Lecehkan Gus Dur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger