Wonosobo Jadi Kabupaten Vokasi

Written By bopuluh on Minggu, 16 Desember 2012 | 19.15

Sekolah Kejuruan

Wonosobo Jadi Kabupaten Vokasi

Penulis : Gregorius Magnus Finesso | Senin, 17 Desember 2012 | 09:55 WIB

WONOSOBO, KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendeklarasikan diri sebagai kabupaten vokasi di Jawa Tengah. Diharapkan, komitmen tersebut mendorong kalangan pendidik di sekolah-sekolah kejuruan untuk meningkatkan kinerja serta peluang bagi para siswa dupaya nantinya bisa langsung diterima di dunia kerja.

Bupati Wonosobo Kholiq Arif, Senin (17/12/2012), menyatakan, sesuai dengan asal kata vokasi yakni vocare (memanggil), deklarasi sebagai kabupaten vokasi dimaksudkan supaya Wonosobo menjadi daerah pemasok pekerja-pekerja teknis yang semakin dibutuhkan di dunia kerja.

"Jangan cuma ikut-ikutan latah membuka jurusan atau bidang yang saat ini sedang tren supaya banyak peminatnya. Tetapi nanti setelah kerja tidak ada yang menyerap. Lebih baik menggali potensi lokal yang ada," jelasnya.

Hal itu sangat penting karena Wonosobo kaya akan potensi alam, seperti pertanian, perkebunan, serta peternakan. Sekolah diminta tidak membuka jurusan yang sebenarnya bukan merupakan potensi di Wonosobo. Seperti teknik komputer, teknik mesin, maupun otomotif.

"Itu memang sudah banyak dan menjamur di daerah lain. Pembukaan jurusan harus disesuaikan potensi daerah agar sumber daya manusianya mendalami praktiknya," ungkap Kholiq.

Kholiq juga meminta Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama, serta unsur sekolah vokasi merumuskan upaya membuka jurusan yang dibutuhkan. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sector-sektor yang potensial di Wonosobo.

Editor :

Marcus Suprihadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Wonosobo Jadi Kabupaten Vokasi

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2012/12/wonosobo-jadi-kabupaten-vokasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wonosobo Jadi Kabupaten Vokasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wonosobo Jadi Kabupaten Vokasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger