Ketua Parlemen Eropa Berang

Written By bopuluh on Jumat, 25 Januari 2013 | 19.15

BRUSSELS, KOMPAS.com - Ketua Parlemen Eropa Martin Schulz menginginkan Perdana Menteri Inggris David Cameron menjelaskan rencananya terhadap Uni Eropa di hadapan para anggota parlemen. Dia juga memperingatkan, untuk menjawab tantangan di Eropa pada abad ke-21 diperlukan solusi bersama di atas kepentingan setiap negara.

Martin Schulz di Brussels, Jumat (25/1), juga memperingatkan Cameron agar tidak terlalu banyak berharap ada pemangkasan anggaran Uni Eropa (UE) untuk tahun 2014 hingga 2020.

Perihal anggaran ini akan dibicarakan pada pertemuan tingkat tinggi para pemimpin UE pada 7-8 Februari. Jika Cameron masih saja mempersoalkan pemangkasan anggaran, usulannya akan ditolak oleh parlemen.

Schulz juga mengecam Cameron yang menggambarkan bahwa UE merupakan "musuh" pada pidatonya tentang referendum di London. Dia juga memperingatkan kritik Cameron dan seruan terhadap UE untuk merenegosiasi posisi Inggris di UE.

Isu tentang hubungan Inggris dengan Uni Eropa juga memengaruhi pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Para pemimpin pemerintahan dan pelaku bisnis itu memang tetap mendiskusikan berbagai hal, mulai dari perang sipil di Suriah dan konflik di Mali hingga perlunya melawan upaya penghindaran pajak oleh perusahaan multinasional. Akan tetapi, topik tentang hubungan Inggris dengan UE merupakan pembicaraan yang paling hangat.

Cameron telah bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Italia, Irlandia, dan Belanda. Cameron tampaknya ingin meraih dukungan dari rekan-rekannya itu. "Ini bukan tentang meninggalkan Eropa, justru sebaliknya," ujar Cameron di hadapan para pebisnis dan politisi top.

Keluar dari UE

Pada sebuah jajak pendapat yang dipublikasikan harian The Times kepada 2.000 orang, kemarin, diperoleh hasil bahwa 40 persen responden menyatakan akan memilih untuk keluar dari UE. Adapun 37 persen menyatakan akan tetap bergabung, dan 22 persen belum menentukan pilihan.

Sementara itu, para pemimpin Eropa menyerukan agar Inggris tetap bergabung di UE. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte memperingatkan bahwa tanpa UE, Inggris hanyalah sebuah kepulauan yang berada di tengah- tengah Laut Atlantik, berada di antah berantah antara Amerika Serikat dan Eropa.

Perdana Menteri Irlandia Enda Kenny mengatakan, UE akan lebih kuat jika Inggris merupakan bagian dari kelompok tersebut. Sementara itu, Perdana Menteri Portugal Paulo Portas mengatakan, "Kita akan senang jika Inggris mengambil peran aktif di Eropa."

Mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger mengatakan, ide untuk persatuan Eropa perlu diselesaikan. (AFP/Reuters/Joe)

Editor :

Egidius Patnistik


Anda sedang membaca artikel tentang

Ketua Parlemen Eropa Berang

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2013/01/ketua-parlemen-eropa-berang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketua Parlemen Eropa Berang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketua Parlemen Eropa Berang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger