Promosi Besar-besaran Taman Laut Olele

Written By bopuluh on Selasa, 05 Maret 2013 | 19.15

Wisata Bahari

Promosi Besar-besaran Taman Laut Olele

Penulis : Aris Prasetyo | Rabu, 6 Maret 2013 | 09:56 WIB

Kompas/Aris Prasetyo

Salah satu lokasi pilihan untuk snorkeling dan diving di Taman Laut Olele, Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berencana akan mempromosikan Olele secara besar-besaran mulai tahun depan.

TERKAIT:

GORONTALO, KOMPAS.com -- Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, berniat mempromosikan Taman Laut Olele di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, secara besar-besaran mulai tahun depan. Pemerintah daerah akan mengundang para penggemar diving atau snorkeling untuk menikmati pesona terumbu karang di Olele.

Selain itu, eksplorasi Olele untuk kawasan wisata akan melibatkan investor swasta dan biro perjalanan. "Rencananya, acara itu akan kami namai Dive Olele 2014. Tujuannya jelas, untuk mempopulerkan Olele di kancah nasional dan internasional. Kami harap lewat acara itu ada investor yang berminat mengembangkan wisata di Olele," tutur Pelaksana Tugas Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Rabu (6/3/2013), di Gorontalo.

Menurut Hamim, promosi di Olele sudah dimulai dengan menyertakan perwakilan Kabupaten Bone Bolango di ajang International Tourism Bourse 2014 atau pameran pariwisata internasional yang berlangsung mulai hari ini di Berlin, Jerman.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat membutuhkan investor untuk pengembangan wisata di Olele. "Terus terang saja, kemampuan finansial Pemkab Bone Bolango untuk mengembangkan Olele sangat terbatas. Kami sengaja mengundang investor swasta mengembangkan pariwisata di Olele," kata Hamim.

Taman Laut Olele memiliki keunikan terumbu karang yang berbeda dengan tempat lain, seperti Bunaken di Sulawesi Utara atau Togean di Sulawesi Tengah. Bunga karang dan spon di Olele terdiri dari aneka bentuk dan warna. Selain itu, ada beberapa titik di Olele yang merupakan terumbu karang dangkal, sehingga bisa dinikmati dengan menggunakan snorkel tanpa harus menyelam.

Selama ini, wisata laut di Olele hanya dikelola secara swadaya oleh masyarakat Desa Olele. Ada tiga kelompok di Desa Olele yang menyediakan penyewaan perahu dan peralatan snorkeling. Namun, mereka tidak memiliki perlengkapan diving.

"Kami sangat mendukung jika ada investor swasta yang berinvestasi di Olele. Olele justru banyak dikunjungi turis mancanegara ketimbang turis lokal. Mereka menyukai keunikan terumbu karang di Olele," ungkap Yunis Amu, salah satu pengelola wisata dari Desa Olele.


Anda sedang membaca artikel tentang

Promosi Besar-besaran Taman Laut Olele

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2013/03/promosi-besar-besaran-taman-laut-olele.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Promosi Besar-besaran Taman Laut Olele

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Promosi Besar-besaran Taman Laut Olele

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger