Mendag: Harga Daging Masih Mahal

Written By bopuluh on Selasa, 30 April 2013 | 20.15

Mendag: Harga Daging Masih Mahal

Penulis : Didik Purwanto | Rabu, 1 Mei 2013 | 10:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan harga daging di pasaran saat ini masih mahal. Pihaknya akan terus mengusahakan agar harga daging ini bisa terus turun dan stabil di harga yang sama-sama menguntungkan bagi penjual dan konsumen.

"Harga daging sekarang masih Rp 90.000 ke atas. Kita akan usahakan agar harganya bisa rata-rata Rp 75.000-76.000 per kg secepat mungkin," ujar Gita saat ditemui di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa malam (30/4/2013).

Gita menambahkan, harga daging saat ini memang sudah mulai mengalami penurunan, khususnya di bulan April lalu. Begitu juga dengan harga pangan lainnya, baik bawang merah, bawang putih dan beberapa komoditas yang sempat melonjak beberapa waktu lalu.

Pihaknya akan mengakselerasi penurunan harga daging dan beberapa komoditas tersebut dengan melakukan impor secara bertahap. Sebab kebutuhan daging dalam negeri begitu besar dan belum bisa dicukupi dari pasar dalam negeri.

"Akselerasi impor daging ini untuk sementara saja, apakah mau daging potong atau bakalan, yang pasti hanya untuk tipe-tipe yang tidak bisa disubstitusi dan diproduksi di dalam negeri," tambahnya.

Ditanya soal pengaruh rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke harga pangan, Gita menjelaskan, harga pangan akan sangat terpengaruh dengan isu kenaikan harga BBM. "Makanya kalau harga pangan turun, itu akan menjadi bekal bagi pemerintah untuk mengambil sikap terhadap isu kenaikan harga BBM," tambahnya.

Namun Gita akan menyerahkan semua keputusan terkait rencana kenaikan harga BBM kepada pemerintah. Menurutnya, saat ini harga pangan sudah relatif stabil, begitu juga saat bulan Mei atau Juni mendatang.

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

Mendag: Harga Daging Masih Mahal

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2013/04/mendag-harga-daging-masih-mahal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mendag: Harga Daging Masih Mahal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mendag: Harga Daging Masih Mahal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger