Mahfud MD Batal Ikut Konvensi Demokrat, PKB Bahagia

Written By bopuluh on Jumat, 30 Agustus 2013 | 20.15


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, mengaku bahagia dengan keputusan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, untuk tidak mengikuti Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. PKB akan makin serius memperhitungkan Mahfud sebagai calon presiden yang akan diusung.

"Di PKB, Mahfud salah satu arus yang harus diperhitungkan. Sehingga kita senang Mahfud tidak jadi nyapres di Konvensi Partai Demokrat," ujar Muhaimin saat menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka HUT RI ke - 68 dan HUT PKB ke -15, di Gedung NU (Nahdlatul Ulama ) 2, Jalan Taman Amir Hamzah, Matraman, Jakarta, Jumat (30/08/2013).

Pria yang akrab dipanggil Cak Imin itu mengatakan, banyak kader yang mengharapkan Mahfud bisa menjadi capres yang diusung PKB. Oleh karena itu, langkahnya untuk batal mengikuti konvensi disambut baik oleh kalangan internal partai.


Namun, meski mengaku bahagia dengan keputusan Mahfud dan siap memperhitungkannya, Muhaimin menuturkan, belum bisa mengambil keputusan mengenai capres yang akan diusung PKB.

"Tetapi kita belum putuskan. Tetap keputusan kita, nanti setelah Pileg (Pemilihan Legislatif). Sebagai arus dan aspirasi tentu kita dengarkan," tambah Muhaimin.

Mengenai kabar sebelumnya bahwa PKB siap mendukung Rhoma Irama menjadi capres, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu enggan berkomentar banyak. Termasuk wacana menyandingkan keduanya sebagai pasangan capres dan cawapres.

"Ya belum tahu, bisa Mahfud dengan Rhoma, Rhoma dengan Mahfud. Bisa siapa saja lah, kan belum," pungkasnya.

Seperti diketahui, Mahfud MD memutuskan untuk tidak mengikuti Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. Keputusan itu disampaikannya di depan Komite Konvensi saat menghadiri Pra-Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat di Wisma Kodel Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Ada sejumlah alasan yang membuatnya batal untuk mengikuti konvensi. Salah satu alasannya, seperti yang sudah pernah disampaikan sebelumnya, adalah belum jelasnya mekanisme konvensi, hak dan kewajiban peserta konvensi dan Partai Demokrat, terutama setelah konvensi selesai dan pemenangnya sudah ditetapkan serta hasil pemilu legislatif sudah selesai. Menurut Mahfud, selama ini dirinya menerima penjelasan yang kerap berganti-ganti dan tidak konsisten.

"Selama ini saya hanya mendengar penjelasan dan jaminan lisan, tanpa ada yang tertulis, sementara AD/ART Partai Demokrat menentukan mekanisme yang berbeda dengan berbagai penjelasan dan jaminan lisan tersebut," kata Mahfud.

Seusai membacakan suratnya, Mahfud langsung pergi meninggalkan ruangan. Tak ada sesi tanya jawab. Saat diikuti para wartawan setelah keluar ruangan, Mahfud juga enggan memberikan jawaban apa pun.

Editor : Caroline Damanik

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Mahfud MD Batal Ikut Konvensi Demokrat, PKB Bahagia

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2013/08/mahfud-md-batal-ikut-konvensi-demokrat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahfud MD Batal Ikut Konvensi Demokrat, PKB Bahagia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahfud MD Batal Ikut Konvensi Demokrat, PKB Bahagia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger