Ragunan Siap Tampung Monyet Jalanan, Tapi Ada Syaratnya...

Written By bopuluh on Rabu, 23 Oktober 2013 | 20.15


JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya Pemprov DKI mewujudkan wilayahnya bebas dari keberadaan topeng monyet disambut baik pihak Taman Margasatwa Ragunan. Selain mencegah penularan virus, upaya tersebut efektif menghindari terjadinya eksploitasi terhadap hewan dan binatang.

"Prinsipnya kita SKPD Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan siap mendukung kebijakan tersebut. TMR juga siap menerima monyet-monyet hasil penyidakan itu. Kami sudah menyiapkan kandang-kandang untuk konservasinya," kata Kepala TMR Marsawitri Gumay, di Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2013).

Namun, kata dia, TMR sebagai balai konservasi tidak semata-mata menampung monyet-monyet hasil sitaan tersebut secara begitu saja. Hewan jenis kera ekor panjang  yang terjaring itu terlebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan dan karantina di Balai Kesehatan Hewan dan Ikan di Jalan Harsono RM, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Tujuannya supaya tidak menularkan penyakit ke satwa yang ada di TMR maupun kepada manusia. Kondisi monyetnya memprihatinkan karena memang sang pemilik tidak seperti pehobi atau pecinta binatang. Mereka tidak memperlakukan atau memeriksakan kesehatan hewan satwanya secara rutin," paparnya.

Kepala Sekretariat Tata Usaha TMR Bambang Triyono mengatakan, proses konservasi monyet-monyet tersebut hanya berupa pengelompokan monyet-monyet di beberapa kandang.

"Tapi, saat ini belum ada yang masuk ke sini, soalnya kan penertibannya baru dua hari," kata dia.

Menurut Bambang, atraksi hewan melibatkan mantan pemain topeng monyet itu usulan yang bagus. Karena, secara langsung akan menjadi wahana khusus dan dapat menarik pengunjung. Tetapi, banyak pihak yang berpikiran beda, yakni menganggap mengeksploitasi hewan.

"Kalau menurut saya itu kurang benar. Soalnya, satwa yang dirawat dan dilatih sudah terpenuhi kesejahteraannya, mulai dari satwa tidak boleh lapat dan haus, tidak boleh takut, harus punya pasangan, bisa beraktivitas dan sehat," ujarnya.

Editor : Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Ragunan Siap Tampung Monyet Jalanan, Tapi Ada Syaratnya...

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2013/10/ragunan-siap-tampung-monyet-jalanan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ragunan Siap Tampung Monyet Jalanan, Tapi Ada Syaratnya...

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ragunan Siap Tampung Monyet Jalanan, Tapi Ada Syaratnya...

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger