Juan Manbait Sudah Dipecat dari Polri

Written By bopuluh on Sabtu, 23 Maret 2013 | 20.15

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian RI menegaskan, Yohanes Juan Manbait atau Juan, salah satu tahanan yang tewas ditembak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cebongan, Sleman, Yogyakarta, bukan lagi anggota polisi.

Dia telah dipecat dari Polresta Yogyakarta. "Dia (Juan) sudah dipecat karena kasus narkoba," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Suhardi Alius saat dihubungi, Minggu (24/3/2013). Juan telah menjalani sidang etik dan akhirnya diberhentikan, namun Suhardi tidak menjelaskan kapan Juan dipecat dari kesatuannya.

Pria kelahiran Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, ini merupakan salah satu tersangka penganiayaan yang menewaskan seorang anggota Kopassus, yang ditembak mati kelompok bersenjata di Lapas Cebongan, Sabtu (23/3/2013).

Sebelumnya, gerombolan bersenjata api laras panjang, pistol, dan granat datang menyerang lapas. Awalnya, mereka mengaku dari Polda DI Yogyakarta sambil menunjukkan surat berkop polda. Mereka mengaku ingin membawa empat tersangka kasus terbunuhnya Sersan Satu Santosa, anggota Kopassus di Hugo's Cafe, 19 Maret 2013 lalu.

Mereka mengancam meledakkan lapas ketika permintaan ditolak pihak lapas. Akhirnya, petugas membukakan pintu dan belasan orang memakai penutup mata masuk. Mereka menyeret petugas lapas menunjukkan empat tahanan yang dicari.

Empat tahanan tersebut akhirnya ditembak mati. Mereka adalah Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, dan Yohanes Juan Manbait.

Sebelum kabur, kelompok bersenjata juga membawa rekaman CCTV. Aksi itu pun hanya berlangsung 15 menit. Kasus itu masih dalam penyelidikan kepolisian.

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal Hardiono Saroso membantah penembakan dilakukan anggota Kopassus. Kepala Seksi Intelijen Kopassus Grup-2 Kapten (Inf) Wahyu Yuniartoto juga menyatakan bantahan yang sama.

Berita-berita terkait bisa diikuti dalam topik Penyerangan di Lapas Sleman.


Anda sedang membaca artikel tentang

Juan Manbait Sudah Dipecat dari Polri

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2013/03/juan-manbait-sudah-dipecat-dari-polri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Juan Manbait Sudah Dipecat dari Polri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Juan Manbait Sudah Dipecat dari Polri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger