KPK: Jangan Menghina Media

Written By bopuluh on Senin, 01 Juli 2013 | 20.16


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah tudingan menggunakan media untuk membunuh karakter terdakwa kasus dugaan suap terkait pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian. KPK menyatakan tidak pernah sekali pun mendikte media mana pun dalam urusan pemberitaan.

Terkait tudingan kuasa hukum mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq dalam nota keberatan yang dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (1/7/2013), bahwa KPK menggunakan media untuk melakukan peradilan opini terhadap Luthfi, Juru Bicara KPK Johan Budi SP menyatakan, hal tersebut justru merendahkan independensi media.

"KPK tak punya kemampuan untuk mengatur media. Adalah hak media untuk memberitakan apa yang menurut mereka layak diberitakan. Jangan merendahkan dan menghina independensi media," kata Johan.

KPK, lanjutnya, tidak pernah sekali pun meminta atau memerintahkan media untuk memberitakan kasus-kasus tertentu yang ditangani lembaga tersebut. Pilihan untuk mengangkat pemberitaan kasus korupsi yang ditangani KPK tergantung pada media masing-masing. Perbuatan Luthfi

Sementara itu, menyangkut tak ada nama Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa
dan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dalam surat dakwaan terhadap Luthfi, menurut Johan, yang didakwakan jaksa dan harus dibuktikan adalah perbuatan Luthfi terkait penerimaan hadiah atau janji dalam pengurusan kuota impor daging sapi.

"Sehingga semua keterangan saksi-saksi atau tersangka dalam penyidikan yang digunakan adalah menyangkut terdakwa," ujarnya.

Pengakuan salah satu saksi dalam kasus ini, Yudi Setiawan, kata Johan, tetap akan ditindaklanjuti KPK. (Bil)


Anda sedang membaca artikel tentang

KPK: Jangan Menghina Media

Dengan url

http://civetcoffeedelicious.blogspot.com/2013/07/kpk-jangan-menghina-media.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK: Jangan Menghina Media

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK: Jangan Menghina Media

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger